banner 468x60

SHOLAT DALAM ASPEK KEHIDUPAN

 TASAWWUF
banner 468x60

Allah Swt menciptakan manusia sebagai makhluq sosial,dan  menjadikanya pula makhluq yang paling sempurna di muka bumi ini. Dan Alloh menurunkan agama sebagai jalan, untuk dijadikan pegangan dalam kehidupan sehari – hari sehingga mereka semua bisa hidup dengan teratur dan tentram.

Didalam agama setiap manusia diperintahkan untuk mengerjakan sholat, karena selain juga merupakan kewajiban, sholat juga merupakan tiang atau pondasi dari agama. Sedang sholat sendiri merupakan salah satu cara untuk menjadikan manusia dekat dengan tuhan. Sholat dalam arti bahasa adalah sebuah doa sedang menurut istilah adalah pekerjaan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Namun sebenarnya dalam sholat sendiri mempunyai aspek dan pengaruh yang sangat besar didalam kehidupan manusia sehari – hari, karena sholat juga bisa menjadi filter bagi ummat manusia sehingga manusia bisa terhindar dari perbutan yang buruk dan menjadikan hati tentram. Agama islampun dibangun atas dasar lima hal diantaranya adalah sholat.

Al Quranpun menegaskan bahwa sholat bisa menjadi controling dalam kehidupan. Yang pertama sholat dapat mencegah dari perbuatan keji. Allah Swt berfirman  “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu daripada al-Kitab dan dirikanlah shalat; sesungguhnya shalat itu mencegah dari yang keji dan yang munkar. Dan sesungguhnya ingat akan Allah itu adalah lebih besar. Dan Allah Mengetahui apa pun yang kamu perbuat.” (QS. Al-Ankabut : 45) dari ayat ini secara jelas bahwa shalat yang kita kerjakan lima waktu itu dapat membentengi kita dari perbuatan yang keji, seperti berzina, merampok, merugikan orang lain, berdusta, menipu dan segala perbuatan mungkar yang dapat celaan dari masyarakat karena shalat mengandung berbagai macam ibadat, seperti takbir, tasbih, berdiri di hadapan Allah, ruku’ dan sujud dengan kerendahan hati, seraya pengagungan, lantaran di dalam ucapan dan perbuatan shalat terdapat isyarat untuk meninggalkan kekejian dan kemungkaran.

Yang kedua sholat memberikan ketenangan dalam surat al Baqarah ayat 277 Allah SWt berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” Dengan melakukan sholat hati akan terasa tenang, hal ini disebabkan senantiasa mengingat Allah, sehingga bila hati sudah mengingat Allah akan terasa damai dan tentram.

Yang ke tiga Allah Swt menjanjikan derajat yang luhur dan rizki yang lapang bagi para hambanya yang melakukan sholat al Quran menyebutkan: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka(karenanya) dan kepada Tuhanlah mereka bertawakal. (yaitu) orang-orang yang mendirikan salat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia”.

Masih banyak dalam al Quran yang menjelaskan tentang hikamah sholat dalam aspek kehidupan. Mari sebagai muslim yang taat hendaklah selalu mendirikan shalat agar mendapatkan kehidupan yang tentram damai.

By: Ibnu alby

 

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.