banner 468x60

PCNU Bangkalan Kembali Adakan Turba, Upaya Jaring Aspirasi Grassroots

 NEWS
banner 468x60

Al-UmmahNews.Com – Senin (7/8) PCNU Bangkalan kembali mengadakan Turba. Kali ini, Turba diadakan di MWC Modung 03, tepatnya di kediaman Kiai Sulahak, S.Ag. Sebelumnya, Pengurus Cabang NU Bangkalan sudah mengadakan turba ke lima MWC, yaitu  Sepulu, Klampis, Tanah Merah, Geger dan Kokop. Hadir pada acara Turba ini, Dr. KH. Abd Wahid dan KH. Makki Nasir, S.Ag selaku Wakil Tanfidhiyah PCNU Bangkalan, didampingi Sekretaris PC, yaitu H. Abd. Jalil dan Ahrori Dhofir.

Seperti dijelaskan pada turba sebelumnya, kegiatan ini diadakan dalam rangka terwujudnya konsolidasi penguatan warga NU, juga menjaring aspirasi penguatan dari warga NU paling bawah (dhi. pengurus ranting ) sebagai bahan acuan menjelang Konfercab 17 Oktober mendatang, demi kebaikan NU lima tahun ke depan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana Pengurus Cabang cukup mengumpulkan semua pengurus MWC se-Bangkalan, kali ini Pengurus Cabang memilih cara yang lebih unik, yaitu mendatangi setiap MWC, atau dalam istilah yang lebih popular Turba. Hal ini dimaksud, agar evaluasi lebih jeli dan teliti, dan pemecahan masalahnya tepat, terarah, dan tuntas, serta demi menjaga solidaritas tim (antar-pengurus), agar lebih erat, kuat, dan kompak.

Lebih lanjut, masih soal solidaritas dalam berorganisasi, Kiai Makki mengutip al-Qur’an surat Ali Imran (104), yang berbunyi:

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran [04]: 104)

Kemudina beliau mengutip Hadis Nabi Muhammad SAW:

لا إسلام إلا بالجماعة ولا جماعة إلا بالإمارة ولا إمارة إلا بالطاعة

Khidmat: Pengurus PCNU Bangkalan bersama Pengurus MWC dan Ranting

Dengan terjemah bebas, Islam itu harus solid, solid itu butuh komando, dan komando itu harus dipatuhi.

Sebelum acara ditutup diadakan jaring aspirasi, yang dipimpin oleh KH. Toyyib Fawwas, guna menampung ide, saran, kritik dari pengurus ranting MWCNU, yang kemudian dijadikan bahan untuk persiapan Konfercab mendatang. Kiai Fahrurrozi Adnan, selaku ketua MWC Modung 03 sangat respect dan berterimakasih dengan adanya Turba ini, karena dengan demikian pengurus Cabang tahu kondisi secara langsung apa yang ada di MWC dan Ranting-ranting NU di kelas bawah (grassroots).

Reporter:  Muhyidin Arief

Redaktur: M. Abbas Busro