banner 468x60

RA MONDIR: TOTALITAS MENGABDI UNTUK MASYARAKAT

 NEWS
banner 468x60

Bangkalan, al-UmmahNews.Com“Khairun-nâs anfa‘uhum lin-nas” (Sebaik-baiknya manusia adalah yang  paling bermanfaat  bagi sesamanya, red). Barangkali itulah yang memotivasi Ir. KH. Mondir A. Rofi’i untuk terus berkiprah di berbagai sektor instansi dan organisasi; baik sosial, partai politik, dst. Upaya bahwa dirinya bermanfaat bagi seluruh lapisan terpatri betul pada sosok yang satu ini. Kenapa tidak? Memulai  pengabdiannya kepada masyarakat lewat LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), hingga beliau menjadi orang nomor dua di lingkungan Kabupaten Bangkalan, tidak mengubah prinsipnya sebagai figur yang melayani masyarakat. Hal tersebut bukanlah suatu ketepatan, melainkan karena beliau adalah sosok yang memang mempunyai jiwa sosial dan karakter leadership yang sangat mumpuni. Sehingga eksistensinya dalam hal apapun berbarengan dengan kekuatan jiwa yang sudah matang.

Pada dasarnya beliau ini adalah sosok yang sangat getol dan peduli terkait dengan aspek keagamaan maupun sosial. Dikarenakan kebijakan yang terbatas yang dimilikinya, sehingga beliau tidak bisa mencover keseluruhan. Sebab posisi beliau sifatnya membantu terhadap berlangsungnya roda kepemerintahan. Bukan pengambil kebijakan, sehingga obsesi beliau untuk mewujudkan Bangkalan lebih baik, hanya tinggal ide saja, tanpa ada implementasi nyata.

Ketika ditanyakan soal langkah selanjutnya dalam menata perjuangan, terutama yang terkait dengan pengabdiannya di tengah-tengah masyarakat, beliau menjawab bahwa jika nantinya oleh Allah SWT diberikan amanah untuk mengabdi di masyarakat, beliau akan terus memberi ruang seluas-luasnya untuk menata dan memperbaiki keadaan agar lebih maju dan dapat mengangkat martabat masyarakat Bangkalan.

Peduli Anak Yatim

Di samping itu, beliau juga sangat peduli terhadap status anak yatim. Hal itu dibuktikan dengan keterlibatannya untuk menjadi Donator tetap setiap ada lembaga yang menjadi kepanjangan dari santunan anak yatim. Yang paling terlihat adalah, bahwa beliau sering mendampingi sekaligus memfasilitasi hal yang ada kaitannya dengan LAZ Sidogiri. Hampir di setiap momen yang diadakan oleh Lembaga Amil Zakat Sidogiri, beliau membantunya. “Saya sudah lama menjadi donator tetap, dan akan terus saya kawal keberadaan lembaga yang menyangkut sosial, khususnya lembaga yang kaitannya dengan anak yatim.” tuturnya di Kantor PKB beberapa waktu lalu.

A-em: Ra Mondir (kanan) bersama Reporter al-UmmahNews.Com

Di samping itu beliau juga menjadi donator tetap Buletin al-Ummah yang terbit setiap Jumat dan didistribusikan secara gratis kepada para jamaah Jumat. Bahkan di awal-awal Buletin al-Ummah terbit sebagai media PCNU Bangakalan yang beredar di masjid beliau siap menangung biaya cetaknya setiap bulan. “Pokoknya, ada kesemangatan dan dapat dilestarikan saya siap setiap bulan.” sambungnya sembari memberi motivasi.

Terakhir ketika ditanyakan soal suksesi di Bangkalan beliau menuturkan bahwa pengabdian di masyarakat harus terus diperjuangkan. Ya, doakanlah, semoga nanti bisa terus memberi yang terbaik kepada masyarakat.” pungkasnya kepada al-UmmahNews.Com.

Reporter: Muhyiddin Arief

Redaktur: M. Abbas Busro

 

 

 

 

BIODATA

Naman                  : Ir.K H. Mondir A. Rofii

TTL                       : Bangkalan, 2 Maret 1962

Alamat                  : Jalan Cempaka No. 24 Bangkalan

Istri                       : Nadzifatul Qudsiyah

Putra Putri             : 1. Athaullah Mondir, 2. Nabilah Mondir,  3. Zulfia Mondir,  4. Alfiati Mondir,  5. Aisyah Mondir

 

Pekerjaan             : Wakil Bupati Bangkalan

Pendidikan            : SDN Pangeranan  Bangkalan 1975

SMP 2 Bangkalan 1978

SMAN 1 Bangkalan 1981

Universitas Indonesia Jakarta 1972

KIPRAH ORGANISASI:

LSM Madura Mandiri 1997-2013

PERBASI BKL 2001-2015

Dewan Pendidikan Bangkalan

Kadin Bangkalan

STAI Syaichona Moh. Cholil

LP2NU

LKKNU

DPAC PKB BKL

KETUA DPC BKL 2012-Sekarang

Ketua BNK (Badan Narkotika Bnagkalan) 2013- Sekarang

Ketua Lansia Korda Bangkalan 2013-2018

Ketua Dewan Masjid Indonesia Kab. Bangkalan 2012-Sekarang

Related Posts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.