banner 468x60

FAKULTAS KEISLAMAN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA: LAUNCHING HALAL CENTER

 NEWS
banner 468x60

Al-UmmahNews.com – Kehalalan sebuah produk merupakan hal sangat sangat penting untuk selalu diperhatikan dan dijaga, apalagi bila hal itu merupakan produk makanan yang juga berhubungan dengan maqbul dan tidaknya ibadah yang kita lakukan, hal inilah yang melatarbelakangi Universitas Trunujoyo Madura (UTM) mendirikan Halal Center Fakultas Keislaman untuk menunjang  serta Pembantu Penyelenggaraan Sistem Jaminan Produk Halal pada 23/01/18 di Auditorium UTM

Kegiatan yang dikemas dengan Seminar dan Launching ini diikuti oleh beberapa dinas Pemda terkait diantaranya Dinas Perindustrian,  Dinas koperasi dan Dinas Kesehatan serta  Mahasiswa Fakultas Keislaman Unvesitas Trunojoyo Madura

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan yang bertema “Peran Strategis Perguruan Tinggi Dalam Pembantu Penyelenggaraan Sistem Jaminan Produk Halal” ini Bapak Dr. Nifasri, M.Pd. (Direktur Pusat Kerjasama dan Standarisasi Halal Kementrian Agama)  KH. Syarifuddin Damanhuri (Korwil MUI Madura), dan  DR. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si. (Rektor UTM)

Selaku Direktur Pusat Kerjasama dan Standarisasi Halal Dr. Nifasri, M.Pd banyak memberikan masukan tentang peluang yang bisa dilakukan oleh perguruan tinggi dalam keikutsertaannya mengawasi jaminan produk halal “kita berharap perguruan tinggi menjadi motor penggerak untuk mensosialisasikan Produk² halal, dikarenakan Kampus merupakan tempat yang sangat strategis untuk mengembangkannya” ujarnya.

Menurutnya beberapa produk baik makanan, obat-obatan dan kosmetik masih banyak yang tidak berlebel halal “Tidak bisa dipungkiri, produk² berlabel halal yang terdapat di Indonesia ini masih terbilang minim dan bahkan masih sangat membutuhkan uluran tangan pejabat² Industri dan masyarakat setempat terutama para akademisi” ungkapnya.

Suasana Seminar dan Launching Halal Center Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura

Sementara itu Rektor UTM DR. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si mengungkapkan rasa syukurnya dengan terselenggaranya kegiatan ini “Saya senang sekali dengan didirikannya​ Halal Center Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura dan kami siap mendukung penuh hal itu, Karena Halal bukan hanya kewajiban melainkan kebutuhan hidup kita” ucapnya.

Ibu Shofiyun Nahidhoh, S.Ag., M.HI. Dekan Fakultas Keislaman UTM mengungkapkan bahwa visi UTM berbasis klaster atau potensi lokal sehingga FKIS ingin memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, khususnya masyarakat Madura terkait sistem penjamin halal. Karena itu setelah terbitnya UU no 33 tahun 2014, Fakultas Keislaman menggagas dan ingin mengawali tentang sistem penjamin halal, dan nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat

“Saya yakin masyarakat Madura sebagai masyarakat religius, agamis maka antusisasme dari masyarakat itu, kebutuhan akan sistem jaminan produk halal sangat ditunggu. Kadang-kadang kita banyak tidak tahu tentang prodak yang kita makan ini apakah sudah memenuhi standarisasi prodak halal atau tidak.” ungkapnya.

Dia menyatakan dalam standarisasi kehalalan ini Fakultas Keislaman bermitra dengan Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Fisib dan Fakultas Pendidikan untuk melakukan uji kehalalan dari prodak tersebut. Namun karena di UTM masih belum ada fasilitas alat untuk menguji kehalalan secara lengkap, jadi sementara ini UTM bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang karena kedua kampus ini sudah memiliki alat lengkap.

Setelah diadakannya seminar sekaligus launching Halal Center Fakultas Keislaman tersebut, para Dosen  fakultas keislaman dan juga beberapa Dosen dari UTM sangat optimis bahwa didirikannya Halal Center akan memberikan manfaat lebih bagi masyarakat sekitar dan juga Madura keseluruhan bahkan mereka telah mengadakan MoU dengan BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal)

Kontributor: Suryadi
Redaktur: Zainal Arifin

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.