banner 468x60

HADIRKAN KH SHOLEH HAYAT, PCNU BANGKALAN ADAKAN PELATIHAN TATA ADMINISTRASI DAN TERTIB ORGANISASI

 NEWS
banner 468x60

Sesi Foto Bersama Pemateri dengan Peserta

Bangkalan, al-UmmahNews.Com (16/9) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan Pengurus MWCNU (Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama) se-Kabupaten Bangkalan di dalam melaksanakan tugas-tugas keorganisasian, maka PCNU Bangkalan mengadakan Pelatihan Organisasi dan Administrasi dengan tema “Menata Administrasi Menuju Tertib Organisasi”.

Kegiatan yang merupakan amanat Musykercab I PCNU Bangkalan masa khidmat 2017-2022 ini diadakan pada hari Ahad, tanggal 16 September 2018, dan bertempat di kantor PCNU Bangkalan, dengan peserta Ketua dan Sekretaris MWCNU se-Kabupaten Bangkalan Madura.

Berdasarkan keterangan yang didapat al-Ummah News dari Katib PCNU Bangkalan, KH. M. Toyyib Fawwaz Muslim. Bahwa demi harapan mendapatkan hasil yang maksimal, maka PCNU Bangkalan mendatangkan KH. Sholeh Hayat, S.H sebagai pemateri, seorang pakar organisasi dan administrasi dari PWNU Jawa Timur.

Kiri: Katib PCNU Bangkalan selaku moderator | Kanan: Wakil Ketua PWNU Jawa Timur selaku pemateri

Di bidang keorganisasian beliau menjelaskan panjang lebar tentang pola kerja NU, baik antar struktur organisasi vertikal dan horizontal, pola hubungan dengan NU kultural, hubungan dengan eksternal, dan lain-lain.

Ketua Tim Penyusun POA (Pedoman Organisasi dan Administrasi) Jawa Timur dari masa ke masa ini juga menjelaskan, bagaimana mengelola organisasi NU dengan anggota yang sangat besar dengan beragam sosial budaya, latar belakang pendidikan yang berbeda, agar semua potensi SDM yang ada dapat terangkum untuk mengembangkan NU, dan tetap kuat dalam ikatan Ukhuwwah Nahdliyyah.

Di bidang keadministrasian, beliau menekankan kepada semua Pengurus NU untuk selalu berpedoman pada POA NU, baik tata cara surat-menyurat, pengarsipan, pendataan, job description, penggunaan istilah, pengelolaan kekayaan organisasi, dan lain-lain.

Logo Resmi Nahdlatul Ulama Hasil Muktamar Ke-33, https://upload.wikimedia.org/

“Semua administrasi di NU sudah diatur sedemikian rupa mulai dari surat menyurat, lambang dan bendera organisasi sehingga menjadi panduan yang pakem”, papar Kiai Sholeh memberikan penjelasan kepada peserta.

Untuk mempertajam pemahaman, pada sesi dialog para peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan apa saja yang terkait dengan NU. Sehingga semua peserta merasa sangat puas dan mempunyai semangat baru untuk lebih memajukan NU di daerah masing-masing.

Semoga apa yang diharapkan PCNU Bangkalan selaku penyelenggara pelatihan untuk membangun pola pikir dan pola tindak sesuai manhaj salafush-sholeh dalam beragama dan berbangsa dengan berorganisasi yang baik dan benar, nantinya benar-benar tepat, terarah, dan tuntas.

KH. Sholeh Hayat memberikan pelatihan organisasi dan administrasi

Reporter: Zainal Arifin

Redaktur: Abdullah Hafidi

Author: 

Yang membedakan antara manusia dengan bukan manusia dalam hal transfer budaya adalah KOMUNIKASI!!!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.