banner 468x60

PERGAMACAB BANGKALAN, KETUA LP MAARIF NU: MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI ASWAJA KE DALAM PRAMUKA

 NEWS
banner 468x60

Bangkalan, al-UmmahNews.Com – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Nahdlatul Ulama (Harlah NU) tanggal 31 Januari 1926, Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama (PC LP Maarif NU) Kabupaten Bangkalan menggelar kemah tingkat penggalang untuk siswa-siswi SMP dan MTs se-Kabupaten Bangkalan.

Acara yang diberi nama dengan Perkemahan Penggalang Maarif Cabang (biasa disingkat, Pergamacab) Kabupaten Bangkalan ini diselenggarakan selama tiga hari yaitu mulai dari hari Selasa hingga Kamis, pada tanggal 29-31 Januari 2019, bertempat di Alun-alun Utara Kota Bangkalan.

Hadir pada acara pembukaan, diantaranya Bupati Bangkalan, RK. Abd. Lathif Amin Imron. Dalam sambutannya, Ra Lathif -demikian sapaan akrabnya- berpesan kepada para peserta kemah agar bersemangat dan memanfaatkan kegiatan Pergamacab dengan sebaik-baiknya.

“Di dalam kegiatan perkemahan Pramuka ini, saya memberikan semangat kepada adik-adik Pramuka Penggalang LP Maarif untuk memanfaatkan kegiatan perkemahan ini dengan sebaik-baiknya”, pesan Ra Lathif dengan penuh semangat.

Bupati alumnus PP. Sidogiri ini melanjutkan sambutannya, bahwasanya kegiatan perkemahan pramuka penggalang LP Maarif ini merupakan bentuk pendidikan di luar sekolah yang dilaksanakan dalam bentuk pelajaran langsung kepada alam lingkungan sekitar.

Masih dalam sambutannya, Ra Lathif tak putus-putusnya memberikan pesan moral dan semangat kepada para peserta Pergamacab. Para peserta diharapkan nantinya agar mampu melatih diri sehingga dapat berinteraksi dengan baik di alam dan lingkungan sekitar. Dan dapat menempa diri menjadi siswa yang mandiri serta memiliki kemampuan sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka.

Lanjutnya, “para pramuka penggalang LP Maarif harus mampu menjunjung tinggi ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta kepada alam dan memiliki rasa sayang kepada sesama manusia. Menjadi patriot yang sopan dan kesatria, patuh dan suka bermusyawarah. Rela menolong sesama dan tabah, serta rajin, terampil kesatria, dan berani”, pesan Ra Lathif.

“Demikian yang bisa saya sampaikan, sebagai penutup saya ucapkan selamat melaksanakan kegiatan perkemahan bagi siswa-siswi LP Maarif, semoga kegiatan perkemahan pramuka ini berjalan lancar dan bermanfaat. Amin”, pungkasnya.

Perkemahan ini terlaksana berkat kerjasama antara Satuan Komunitas Pramuka LP Maarif (Sakoma) NU Bangkalan dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Bangkalan.

Sebagai pembina, Drs. H. Moh. Sa’ad Asj’ari selaku Ketua Kwarcab sekaligus Kepala Dispora Kabupaten Bangkalan menyampaikan bahwa dalam kegiatan perkemahan ini juga melibatkan beberapa orang dari Kwarcab sendiri, untuk membantu dalam kepanitiaan serta membangun konsep kegiatan sematang mungkin.

Beliau juga sangat mengapresiasi atas digelarnya kerjasama yang positif ini, sehingga ke depannya kegiatan semacam ini harus ditingkatkan mengingat Pramuka merupakan instrumen utama dalam membangun karakter bangsa yang religius dan kuat.

“Kwarcab sangat mendukung kegiatan yang diadakan oleh Sako Maarif ini, diharapkan dengan kegiatan ini nantinya kegiatan Pramuka di segala tingkatan, tidak hanya Penggalang, bisa menjadi kegiatan positif bagi para pemuda sehingga mereka tidak terpengaruh dengan kegiatan-kegiatan yang tidak produktif atau bahkan negatif”, ucap Kak Sa’ad saat rapat koordinasi.

Di tempat terpisah, Ketua PC LP Maarif NU Bangkalan, Naufal Cholily, M.Th.I menegaskan bahwa Sakoma merupakan wadah pembinaan dan pengembangan Pramuka di lingkungan LP Maarif NU Bangkalan.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan perkemahan ini, yaitu “mengintegrasikan nilai-nilai Ahlussunah wal Jamaah ke dalam Pramuka. Sehingga pada diri peserta didik nantinya terbangun karakter, sifat, disiplin, dan semangat kepramukaan yang dilandasi dengan nilai-nilai keaswajaan”, chat Ra Noval melalui kontak WA pribadinya.

Lanjut chat pribadinya, Ra Noval menyampaikan bahwa kegiatan perkemahan ini diikuti sekurangnya 18 regu yang masing-masing regu terdiri dari 8-10 orang. Perkemahan ini sekaligus menyeleksi delegasi peserta dari Sakoma Bangkalan yang akan dikirim dalam Perkemahan Penggalang Maarif tingkat Nasional (Pergamanas) nanti pada tanggal 19-24 Februari 2019 di Cibubur.

Acara Pergamacab ini diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain Pramuka Bersholawat yang dipimpin oleh Shollu Community, komunitas pecinta shalawat yang diasuh langsung oleh RKH. Karror Aschal. Penampilan dari Pagar Nusa Bangkalan, Sosialisasi oleh Satlantas Polres Bangkalan, kegiatan-kegiatan kepanduan seperti persiapan baris-berbaris, pioneering, dan lain sebagainya. Serta acara pembukaan ini ditutup dengan doa oleh Wakil Ketua PCNU Bangkalan, KH. Dimyathi Muhammad.

Nampak hadir pula Wakil Bupati Bangkalan, Drs. H. Mohni, MM; Wakil Ketua PCNU Bangkalan, KH. Ahmad Faqod Zubair beserta jajaran PCNU lainnya; Ketua Harian Kwartir Cabang Bangkalan, Drs. H. Moh Sa’ad Asj’ari, MM; Kepala Staf Kodim 0829/Bangkalan Mayor Inf. Mahmudi; serta Kepala-kepala Sekolah di Kecamatan Kota Bangkalan.

Koleksi Foto: Dokumentasi Resmi Panitia, Abdul Hayyih, M.Pd.

Redaktur: Abdullah Hafidi

Author: 

Yang membedakan antara manusia dengan bukan manusia dalam hal transfer budaya adalah KOMUNIKASI!!!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.